CCTV atau Closed Circuit Television pertama kali ditemukan oleh seorang insinyur asal Jerman bermana Walter Brunch.
perkembangan-cctv Pertama kali CCTV digunakan pada saat peluncuran roket V-II pada tahun 1942, CCTV pertama tersebut diproduksi oleh Siemens AG. Penggunaan CCTV ini berfungsi sebagai pengawas proses peluncuran roket tersebut agarterlihat jika terjadi kesalahan atau tidak dan untuk menghindarkan antusiasme warga Jerman agar terhindar dari resiko peluncuran roket tersebut.

7 tahun selang penggunaan CCTV pertama kali yaitu tahun 1947, Amerika menggunakan CCTV yang diproduksi oleh perusahaan bernama Vericon. Pada tahun itu, tingkat kejahatan di New York sangat besar, sehingga pemerintah AS memerintahkan pemasangan kamera disetiap jalan untuk mengurangi, memberantas dan menghentikan tindak kejahatan. Dengan penggunaan CCTV jika ada orang – orang yang mencurigakan polisi dengan mudah mencari orang tersebut dengan rekaman CCTV tersebut.

11 tahun kemudian 1960, di Inggris pertama kali menggunakan CCTV, pemerintah kota London menggunakan CCTV untuk mengawasi tempat umum, mengamati kerumunan orang yang sedang melakukan aksi demonstrasi kepada kerajaan Inggris. Dengan bantuan CCTV pemerintah bisa melihat demonstrasi yang terjadi berlangsung damai atau rusuh, dan tentu jika terjadi kerusuhan pemerintah dengan mudah mengontrol aksi tersebut.
Pada zaman ini, CCTV masih menggunakan kamera dengan resolusi rendah sehingga mengakibatkan hasil gambaran buruk dan berwarna hitam putih. Sistem yang digunakan CCTV pada zaman itu juga dengan kabel koaksial, yaitu 1 kamera untuk 1 monitor.

Pada tahun 1970 muncullah CCTV dengan sistem Mulpiplexer VCR, yaitu sistem dimana 1 monitor bisa digunakan untuk beberapa kamera. Hal baik dengan terciptanya sistem ini, dapat mengurangi biaya operasional untuk membeli monitor sebanyak kamera yang digunakan. Tetapi pada zaman ini CCTV masih menghasilkan gambaran yang buruk, sehingga objek yang terekam oleh kamera tidak terlihat jelas.
Kemudian pada tahun 1990an, terciptalah CCTV yang semakin baik dengan sistem DVR atau digital video recorder. Dengan sistem ini resolusi dari kamera tinggi sehingga hasil gambar nya pun bisa terlihat jelas.
Indonesia sendiri mengenal CCTV sekitar tahun 1995, dan penggunaannya pun hanya pada kantor – kantor besar, tetapi setelah terjadi kerusuhan Mei 1998 penggunaan CCTV semakin banyak. Dan sekitar 2004an kepolisian mulai menggunakan CCTV di ruang publik sebagai pemantauan lalu lintas.
Bukan hal yang tak mungkin, perkembangan CCTV semakin canggih mulai dari resolusi gambar, ukuran, penggunaan dan sistem yang yang digunakan CCTV.

2 thoughts on “Sejarah CCTV”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *